UJIAN AKHIR SEMESTER
BELAJAR PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Pertanyaan:
1.
Sebutkan
dan jelaskan 5 peran guru dalm proses pembelajaran.
Jawab:
Peran
guru sangat penting bagi pembentukan karakter dan kecerdasan siswanya. Berikut
adalah peran guru dalam pembelajaran:
·
Guru
sebagai demonstrator, yaitu seorang guru dituntut untuk dapat menyampaikan
pesan dalam pelajaran agar siswa dapat mengerti dan memahami hal-hal yang belum
dimengerti oleh mereka. Ada dua konteks guru sebagai demonstrator guru yang harus memiliki sikap terpuji, disini guru
harus menunjukan kepada siswa bahwa guru
tersebut pantas untuk digugu dan ditiru.
Yang kedua sebagai demonstrator guru hendaknya bisa menunjukkan
kepada siswa bagaimana setiap materi dapat dipahami dan dihayati oleh siswa.
·
Guru sebagai motivator yaitu guru harus dapat mendorong
siswanya agar bersemangat lagi dalam belajar. guru juga harus menerima segala
kekurangan dan kelebihan dari para siswanya. Membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada
dirinya secara optimal.
Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh semangat ketika
belajar dikelas agar siswa tertarik belajar. Guru sebagai
motivator dapat berbuat seperti, memberikan pujian yang wajar kepada siswa,
memberikan penilaian, komentar dan juga dukungan.
·
Guru sebagai sebagai fasilitator yaitu seorang guru
mampu memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses
pembelajaran., ada beberapa hal yang harus dipahami,oleh guru sebagai
fasilitator khususnya hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan berbagai
media dan sumber pembelajaran.Seorang guru sebagai fasilitator harus lah
menjadi nara sumber yang baik untuk berbagai permasalahan.
·
Guru
sebagai administrator, guru dihadapkan pada tugas adminstrasi sekolah. Sebab
administrasi yang dikerjakan oleh guru yaitu seperti membuat rencana mengajar,
mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharga bahwa ia
telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
·
Guru
sebagai Evaluator yaitu, mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan
pembelajaran yang telah dilakukan. Guru sebagai evaluator di sini guru dituntut
untuk dapat memberikan penilaian secara jujur dan objektif.
2.
Sebutkan
dan jelaskan 7 keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru.
Jawab:
a.
Keterampilan
bertanya, seorang guru harus mempunyai keterampilan bertanya karena dengan mengajukan pertanyaan baik guru maupun
siswa akan mendapatkan umpan balik dari materi
selain itu membuat perhatian siswa untuk berkonsentrasi dalam pelajaran
(mengajak siswa untuk aktif). Pada saat pengajuan pertanyaan juga terjadi
komunikasi antara guru dan siswa, dengan keterampilan bertanya juga guru mampu
mendiagnosis kesulitan belajar siswanya.
b.
Keterampilan
memberikan penguatan, keterampilan satu ini sangat diperlukan oleh seorang guru
karena dengan keterampilan ini dapat meningkatkan perhatian dalam belajar,
membangkitkan dan memelihara perilaku, meningkatkan rasa percaya diri bagi
siswanya. Teknik dalam pemberian penguatan ini dapat berupa verbal maupun
nonverbal. Penguatan verbal,
diungkapkan dengan menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan dan
sebagainya. Dan penguatan non-verbal, terdiri dari
penguatan berupa mimik dan gerakan badan, penguatan dengan cara mendekati,
penguatan dengan sentuhan (kontak), penguatan dengan kegiatan yang
menyenangkan.
c.
Keterampilan
melakukan variasi, keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh seorang guru agar
dalam proses belajar mengajar siswa tidak merasakan jenuh karena metode yang
digunakan oleh gurunya hanya itu-itu saja, sehingga perhatian siswa pun tidak
akan buyar jika guru mampu mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar.
Komponen-komponen Keterampilan Mengadakan Variasi Keterampilan mengadakan
variasi terdiri dari tiga kelompok pokok, yaitu; Variasi
dalam cara/gaya mengajar guru, Variasi dalam penggunaan media dan alat
pengajaran, Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.
d.
Keterampilan
menjelaskan yaitu, penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara
sistematik untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya.
e.
Keterampilan
memimpin diskusi kelompok kecil, dengan adanya diskusi kelompok kecil
memungkinkan bagi siswa dapat menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu
masalah melalui satu proses yang memberi kesempatan untuk berpikir, berinteraksi
sosial, serta berlatih bersikap positif. Dengan demikian diskusi kelompok dapat
meningkatkan kreativitas siswa, serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk
di dalamnya ketrampilan berbahasa.
f.
Keterampilan
mengelola kelas, di sini guru dituntut untuk dapat menciptakan, memelihara
kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam
proses belajar mengajar.Guru harus dapat mengambil inisiatif ketika terjadi
gangguan dalam kelas, agar kelas dapat kembali kekeadaan semula.
g.
Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran.
1)
Membuka
pelajaran, ketika membuka pelajaran kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru
merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan
pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Ketika
membuka pelajaran guru haruslah dapat menarik perhatian siswanya dan dapat
memberikan motivasi kepada siswa agar belajarnya semangat.
2)
Menutup pelajaran, ketika menutup pelajaran seorang
guru tidak boleh menutup pelajaran dengan tergesa-gesa. Dalam menutup pelajaran
guru harus dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan, selain itu guru
dapat menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, agar siswa
dapat mencari referensi terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.
Sebutkan
standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk table.
Jawab:
Kelas
|
Semester
|
Standar Kompetensi
|
X
|
1
|
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip,
dan aspek geografi
|
2. Memahami sejarah
pembentukan bumi
|
||
X
|
2
|
3. Menganalisis
unsur-unsur geosfer
|
XI
|
1
|
1. Menganalisis
fenomena biosfer dan antroposfer
|
2. Memahami Sumber Daya
Alam
|
||
XI
|
2
|
3. Menganalisis
pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
|
XII
|
1
|
1. Mempraktikkan
keterampilan dasar peta dan pemetaan
|
2. Memahami pemanfaatan
citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
|
||
XII
|
2
|
3. Menganalisis
wilayah dan pewilayahan
|
4.
a.
Apakah apresiasi?..
Jawab:
Apresiasi yaitu
penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu. Jika dikaitkan dengan proses
belajar mengajar dapat diartikan pula sebagai suatu penghargaan atau penilaian
kepada siswa yang telah melakukan sesuatu, entah itu mengerjakan tugasnya
dengan baik, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan benar dan lain
sebagainya. Apresiasi ini dapat berupa pujian, hadiah atau penghargaan lainnya
yang diberikan guru terhadap muridnya.
b. Sebutkan 2 cara
guru yang dapat dilakukan guru dalam apresiasi.
Jawab:
- Mengajukan pertanyaan tentang bahan
pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Meminta peserta untuk mengemukakan
/menceritakan tentang pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang sedang
dipelajari.
5. a. Apakah yang dimaksud kegiatan penyimpulan
pada kegiatan penutup pembelajaran?
Jawab:
Kegiatan penyimpulan yaitu kegiatan
yang ada dalam kegiatan penutup pembelajaran. Dalam kegiatan penyimpulan ini
guru dan peserta didik dapat melakukan refleksi dan menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilakukan. Tujuan penyimpulan dalam penutup pembelajaran ini agar
siswa memiliki pemahaman yang mantap terhadap materi pembelajaran yang baru
saja dipelajari.
b.Berikan
2 contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi
pembelajaran
Jawab:
-
Guru dapat melakukan refleksi bersama siswa agar materi yang telah disampaikan
dapat dipahami dan siswa dapat menyimpulkan materi yang baru saja
dipelajarinya.
-
Guru menyampaikan materi dengan baik juga dapat pula dijadikan salah satu cara
agar siswa dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh gurunya.
6. a. Apakah yang dimaksud refleksi pembelajaran?
Jawab:
Refleksi
pembelajaran yaitu cara berpikir yang baru dipelajarinya (siswa) atau berpikir
kebelakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan atau dipelajari di masa lalu. Refleksi pembelajaran merupakan respons terhadap aktivitas atau pengetahuan
dan keterampilan yang baru diterima dari proses pembelajaran. Peserta didik
dituntut untuk mengedepankan apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur
pengetahuan dan keterampilan yang baru sebagai wujud pengayaan atau revisi dari
pengetahuan dan keterampilan sebelumnya. Pada akhir proses pembelajaran
sebaiknya guru menyisakan waktu agar peserta didik melakukan refleksi, yang
diwujudkan dalam bentuk:
·
Pernyataan langsung peserta didik tentang pelajaran apa
yang diperoleh hari itu;
·
Jurnal belajar di buku pribadi peserta didik;
·
Kesan dan saran peserta didik mengenai pembelajaran hari
itu.
b.
Apakah
yang dimaksud tindak lanjut terhadap refleksi?
Jawab:
Tindak lanjut terhadap refleksi yaitu sebuah
kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru setelah melakukan refleksi.
Tindak lanjut ini dapat dilakukan jika hasil refleksi ini masih memiliki
kekurangan. Tindak lanjut refleksi sama halnya dengan revisi terhadap kinerja
guru. Tindak lanjut ini dapat dijadikan acuan pada pembelajaran berikutnya agar
pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.
c.
Sebutkan
5 produk dari tindak lanjut?
-
Membahas
kembali materi yang belum dimengerti oleh siswa.
-
Membaca
materi dari berbagai sumber, agar lebih kaya wawasan dan pengetahuannya.
-
Memberitahukan
topic bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
-
Memberikan
motivasi dan bimbingan kepada para siswanya.
BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Diajukan Untuk Memenuhi
Salah Satu Ujian Akhir Semester Belajar dan Pembelajaran Geografi
Dosen
Pengampu:
Dr.
Hj. Epon Ningrum, Mpd
Drs.
H Djakaria M Nur, MSi
Disusun
Oleh:
Anna
Laela Faujiah (1002975)
JURUSAN PENDIDIKAN
GEOGRAFI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar