Minggu, 07 April 2013

UAS Belajar Pembelajaran Geografi


UJIAN AKHIR SEMESTER
BELAJAR PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Pertanyaan:
1.      Sebutkan dan jelaskan 5 peran guru dalm proses pembelajaran.
Jawab:
      Peran guru sangat penting bagi pembentukan karakter dan kecerdasan siswanya. Berikut adalah peran guru dalam pembelajaran:
·         Guru sebagai demonstrator, yaitu seorang guru dituntut untuk dapat menyampaikan pesan dalam pelajaran agar siswa dapat mengerti dan memahami hal-hal yang belum dimengerti oleh mereka. Ada dua konteks guru sebagai demonstrator guru yang  harus memiliki sikap terpuji, disini guru harus menunjukan kepada siswa  bahwa guru tersebut pantas untuk digugu dan ditiru.  Yang kedua sebagai demonstrator guru hendaknya bisa menunjukkan kepada siswa bagaimana setiap materi dapat dipahami dan dihayati oleh siswa.
·         Guru sebagai motivator yaitu guru harus dapat mendorong siswanya agar bersemangat lagi dalam belajar. guru juga harus menerima segala kekurangan dan kelebihan dari para siswanya. Membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal. Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh semangat ketika belajar dikelas agar siswa tertarik belajar. Guru sebagai motivator dapat berbuat seperti, memberikan pujian yang wajar kepada siswa, memberikan penilaian, komentar dan juga dukungan.
·         Guru sebagai sebagai fasilitator yaitu seorang guru mampu memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran., ada beberapa hal yang harus dipahami,oleh guru sebagai fasilitator khususnya hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan berbagai media dan sumber pembelajaran.Seorang guru sebagai fasilitator harus lah menjadi nara sumber yang baik untuk berbagai permasalahan.
·         Guru sebagai administrator, guru dihadapkan pada tugas adminstrasi sekolah. Sebab administrasi yang dikerjakan oleh guru yaitu seperti membuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharga bahwa ia telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
·         Guru sebagai Evaluator yaitu, mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Guru sebagai evaluator di sini guru dituntut untuk dapat memberikan penilaian secara jujur dan objektif.

2.      Sebutkan dan jelaskan 7 keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru.
Jawab:
a.       Keterampilan bertanya, seorang guru harus mempunyai keterampilan bertanya karena  dengan mengajukan pertanyaan baik guru maupun siswa akan mendapatkan umpan balik dari materi  selain itu membuat perhatian siswa untuk berkonsentrasi dalam pelajaran (mengajak siswa untuk aktif). Pada saat pengajuan pertanyaan juga terjadi komunikasi antara guru dan siswa, dengan keterampilan bertanya juga guru mampu mendiagnosis kesulitan belajar siswanya.

b.      Keterampilan memberikan penguatan, keterampilan satu ini sangat diperlukan oleh seorang guru karena dengan keterampilan ini dapat meningkatkan perhatian dalam belajar, membangkitkan dan memelihara perilaku, meningkatkan rasa percaya diri bagi siswanya. Teknik dalam pemberian penguatan ini dapat berupa verbal maupun nonverbal. Penguatan verbal, diungkapkan dengan menggunakan kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan dan sebagainya. Dan penguatan non-verbal, terdiri dari penguatan berupa mimik dan gerakan badan, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan (kontak), penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan. 
c.       Keterampilan melakukan variasi, keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh seorang guru agar dalam proses belajar mengajar siswa tidak merasakan jenuh karena metode yang digunakan oleh gurunya hanya itu-itu saja, sehingga perhatian siswa pun tidak akan buyar jika guru mampu mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar. Komponen-komponen Keterampilan Mengadakan Variasi Keterampilan mengadakan variasi terdiri dari tiga kelompok pokok, yaitu; Variasi dalam cara/gaya mengajar guru, Variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran, Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa.
d.      Keterampilan menjelaskan yaitu, penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik untuk menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya.
e.       Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, dengan adanya diskusi kelompok kecil memungkinkan bagi siswa dapat menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui satu proses yang memberi kesempatan untuk berpikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif. Dengan demikian diskusi kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa, serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk di dalamnya ketrampilan berbahasa.
f.       Keterampilan mengelola kelas, di sini guru dituntut untuk dapat menciptakan, memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.Guru harus dapat mengambil inisiatif ketika terjadi gangguan dalam kelas, agar kelas dapat kembali kekeadaan semula.
g.      Keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
1)      Membuka pelajaran, ketika membuka pelajaran kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Ketika membuka pelajaran guru haruslah dapat menarik perhatian siswanya dan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar belajarnya semangat.
2)      Menutup pelajaran, ketika menutup pelajaran seorang guru tidak boleh menutup pelajaran dengan tergesa-gesa. Dalam menutup pelajaran guru harus dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan, selain itu guru dapat menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, agar siswa dapat mencari referensi terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.      Sebutkan standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk table.
Jawab:
Kelas
Semester
Standar Kompetensi
X
1
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek  geografi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
X
2
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
XI
1
1. Menganalisis  fenomena biosfer dan antroposfer
2. Memahami Sumber Daya Alam
XI
2
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
XII
1
1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
XII
2
3. Menganalisis  wilayah dan pewilayahan

4.      a. Apakah apresiasi?..
Jawab:
Apresiasi yaitu penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar dapat diartikan pula sebagai suatu penghargaan atau penilaian kepada siswa yang telah melakukan sesuatu, entah itu mengerjakan tugasnya dengan baik, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru dengan benar dan lain sebagainya. Apresiasi ini dapat berupa pujian, hadiah atau penghargaan lainnya yang diberikan guru terhadap muridnya.

b.  Sebutkan 2 cara guru yang dapat dilakukan guru dalam apresiasi.
Jawab:
- Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Meminta peserta untuk mengemukakan /menceritakan tentang pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
5.  a. Apakah yang dimaksud kegiatan penyimpulan pada kegiatan penutup pembelajaran?
         Jawab:
         Kegiatan penyimpulan yaitu kegiatan yang ada dalam kegiatan penutup pembelajaran. Dalam kegiatan penyimpulan ini guru dan peserta didik dapat melakukan refleksi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penyimpulan dalam penutup pembelajaran ini agar siswa memiliki pemahaman yang mantap terhadap materi pembelajaran yang baru saja dipelajari.
b.Berikan 2 contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi pembelajaran  
Jawab:
- Guru dapat melakukan refleksi bersama siswa agar materi yang telah disampaikan dapat dipahami dan siswa dapat menyimpulkan materi yang baru saja dipelajarinya.
- Guru menyampaikan materi dengan baik juga dapat pula dijadikan salah satu cara agar siswa dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan oleh gurunya.
6.   a. Apakah yang dimaksud refleksi pembelajaran?
           Jawab:
Refleksi pembelajaran yaitu cara berpikir yang baru dipelajarinya (siswa) atau berpikir kebelakang tentang apa-apa yang sudah dilakukan atau dipelajari di masa lalu. Refleksi pembelajaran merupakan respons terhadap aktivitas atau pengetahuan dan keterampilan yang baru diterima dari proses pembelajaran. Peserta didik dituntut untuk mengedepankan apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur pengetahuan dan keterampilan yang baru sebagai wujud pengayaan atau revisi dari pengetahuan dan keterampilan sebelumnya. Pada akhir proses pembelajaran sebaiknya guru menyisakan waktu agar peserta didik melakukan refleksi, yang diwujudkan dalam bentuk:
·         Pernyataan langsung peserta didik tentang pelajaran apa yang diperoleh hari itu;
·         Jurnal belajar di buku pribadi peserta didik;
·         Kesan dan saran peserta didik mengenai pembelajaran hari itu.
b.   Apakah yang dimaksud tindak lanjut terhadap refleksi?
Jawab:
  Tindak lanjut terhadap refleksi yaitu sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru setelah melakukan refleksi. Tindak lanjut ini dapat dilakukan jika hasil refleksi ini masih memiliki kekurangan. Tindak lanjut refleksi sama halnya dengan revisi terhadap kinerja guru. Tindak lanjut ini dapat dijadikan acuan pada pembelajaran berikutnya agar pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.
c.    Sebutkan 5 produk dari tindak lanjut?
-       Membahas kembali materi yang belum dimengerti oleh siswa.
-       Memberikan tugas atau latihan kepada peserta didik.
-       Membaca materi dari berbagai sumber, agar lebih kaya wawasan dan pengetahuannya.
-       Memberitahukan topic bahasan yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
-       Memberikan motivasi dan bimbingan kepada para siswanya.












BELAJAR DAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Ujian Akhir Semester Belajar dan Pembelajaran Geografi

Dosen Pengampu:
Dr. Hj. Epon Ningrum, Mpd
Drs. H Djakaria M Nur, MSi






Disusun Oleh:
Anna Laela Faujiah (1002975)



JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar